Potensi Desa Batokorogan

Dusun Korogan Timur
IMG 2448
Pohon siwalan merupakan salah satu tanaman yang tumbuh dengan baik di dusun Korogan Timur. Pemanfaatan pohon siwalan di dusun Korogan Timur yaitu hanya sebatas pada bagian daunnya. Warga dusun korogan timur memanfaatkan daun siwalan untuk kerajinan tikar. Menurut hasil wawancara yang dilakukan pada seorang pengrajin tikar di dusun Korogan Timur, produksi tikar hanya dilakukan saat ada pemesanan dari konsumen. Konsumen tikar Korogan Timur bukan hanya berasal dari daerah Bangkalan saja, tetapi juga dari luar kabupaten Bangkalan seperti Pamekasan dan Sampang. Seorang pengrajin tikar dapat menghasilkan 20 tikar dalam satu hari dengan ukuran 2x3 meter. Kendala dalam memproduksi tikar yaitu tergantung pada musim–musim tertentu. Produksi tikar dipengaruhi oleh musim. Pada musim panas hasil produksi nya lebih banyak dari pada musim penghujan, karena pada musim penghujan daun siwalan memerlukan waktu yang cukup lama untuk pengeringan sehingga menghambat proses produksi tikar.

Dusun Korogan Barat
IMG 0065
Semakin hari pertumbuhan penduduk semakin besar. Hal ini akan mempengaruhi terhadap kebutuhan konsumsi yang meningkat pula. Kebutuhan akan bahan pangan terutama daging juga akan meningkat. Sapi adalah salah satu kebutuhan hewan yang menjadi andalan karena dari seekor sapi akan didapatkan banyak sekali hasilnya terutama dagingnya, selanjutnya hasil tambahan seperti kulit, tulang, pupuk kandang dan lain sebagainnya. Beternak sapi ini merupakan salah satu potensi yang ada di Dusun Korogan Barat, karena di dusun Korogan Barat ini penduduknya kebanyakan peternak sapi. Aktivitas keseharian yang dilakukan oleh penduduk disana selain bertani mereka juga beternak sapi, sehingga kegiatan yang dilakukan setiap pagi yaitu mencari rumput untuk makan sapi. Hasil dari ternak sapi tersebut kebanyakan dimanfaatkan secara pribadi untuk acara hajatan dan bisa juga dijual apabila ada keperluan mendesak yang membutuhkan uang.

Dusun Krenga'
krenga
Dusun Krenga’ dengan buah Salak sebagai ciri khasnya. Hal ini dapat memunculkan wacana desa untuk mengolah buah salak yang lebih farian tidak hanya sekedar jual buahnya saja pada pembeli dengan harga yang biasa dan pasaran dan itu juga dapat menyulitkan penjual untuk membuat penjualan salak laris karna akan sulit jika hanya menjual dalam bentuk buahnya saja.

Dusun Gowah
IMG_0605
Dusun Gowah memiliki Goa alami yang berpotensi sebagai wisata religi, guwah(goa) makam ini selalu dibuka pada saat yang diperingati dengan acara tahunan sekedar untuk memperingati dan selametan untuk Desa dimana acara tersebut terlaksana pada hari raya ketupat (tong areh jika di bulannya Madura) perayaan ini diadakan besar-besaran yang dimana sampai mengadakan penyembelihan hewan kurban berupa sapi ataupun kambing yang mana dana tersebut didapat dari sumbangan warga sekitar dimana kebanyakan dihadiri seluruh warga Dusun Guwah dan ada juga warga Dusun tetangga dan acaranya selalu terlaksana pada malam jumat (jmat manis di bulan tradisi Madura  dan disaat tradisi itu warga yang datang akan memasuki guwah tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar